Teknik Pointilis

Teknik Pointilis

Teknik pointilis alias pointilisme merupakan sebuah teknik menggambar dengan memanfaatkan wujud lingkaran kecil yang dibentuk pada pola tertentu sehingga menghasilkan bentuk gambar. 

Pada mulanya seni pointilisme dimaksimalkan oleh Georges Seurat dan Paul Signac pada tahun 1886 sebagai cabang seni Impresionisme. Salah satu pelukis dunia yang terkenal dengan gaya pointilisme merupakan Vincent Van Gogh.

Nah, langsung saja kali ini kami akan memberikan penjelasan secara detail mengenai teknik dari pointilis, berikut ini:

Apa Itu Teknik Pointilis

Pointilisme merupakan salah satu teknik dalam lukisan yang memanipulasi ketidak sensitifan mata dalam meneliti detail kumpulan titik sampai kapabel memberikan kesan eksistensi bidang atau warna baru. Lazimnya warna-warna yang bukan adalah warna primer yang disusun secara visual dengan mendekatkan beberapa warna primer.

Metode ini disebut dengan Divisionisme. Tapi pointilisme dapat pula merujuk terhadap lukisan satu warna atau hitam putih aja. Nah, menurut situs sipintar efek dari perbedaan kerapatan titik dapat mewujudkan halusinasi gradasi warna.

Sejarah Teknik Pointilisme

Teknik pointilisme juga disebut dengan teknik pointilis. Pada tahun 1880 an, Seurat ialah satu pionir pointilisme.

Paul Signac ialah seseorang penggerak lainnya. Seniman terkemuka lain yang memakai teknik serupa  termasuk Vincent van Gogh, Henri Edmond Cross, John Roy dan Henri Delavallee.

Pointilisme pertama kali disebut divisionisme. Pointilisme yakni nama yang dikasih kemudian yang dialamatkan untuk mengejek gaya tersebut.

Ketika ini, pointilisme merupakan aliran yang diterima luas dan tidak lagi mempunyai konotasi negatif.

Sebagian orang masih mengaplikasikan istilah “divionisme” untuk mengacu lukisan yang mirip dengan pointilisme. Melainkan label ini lebih akurat dipakai untuk menekan teori warna teknis yang digunakan. Sementara pointilisme mengaplikasikan spot titik kecil untuk menjadikan wujud dan struktur, divisionisme menciptakan kesan warna yang unik dengan menyandingkan titik-titik warna yang berbeda cocok dengan prinsip-prinsip warna.

Perkembangan Teknik Pointilis Selanjutnya

Lukisan pointilis menjadi pandangan baru teknologi fotografi dan layar warna. Pada layar CRT ataupun LCD, warna-warna juga tak digabungkan seketika, namun dengan mendekatkan tiga bintik merah, biru, dan hijau dengan komposisinya masing-masing sampai dibuat warna baru.

Ciri Ciri Teknik Pointilisme

Untuk mengenali lukisan dengan model pointilis, maka saya akan memberikan kalian ciri-ciri bagaimana mengenali lukisan dengan teknik pointilis;

  • Objek yang dilukis akan menonjol terang dari kejauhan dan agak bau jikalau dirasakan dari dekat,
  • Spot yang diterapkan terdiri dari bermacam-macam tipe, bagus besar atau kecil, tebal-tipis, maupun berwarna hitam putih

Jenis Jenis Model Teknik Pointilis

Teknik Pointilisme Hitam Putih

Pointilisme dapat juga diterapkan untuk menghasilkan lukisan yang berwarna hitam putih. Dengan memakai titik spot hitam dan putih, dapat menjadikan gambar yang dinamis. 

Teknik pointilisme hitam putih ini umum disebut sebagai stippling.

Teknik Pointilisme Modern

Gambar-gambar yang ada di majalah dan surat informasi dicetak dengan metode yang mirip pointilisme. Spot-spot kecil dari tiga atau empat warna menciptakan ilusi sebuah gambar mempunyai gambar warna lain.

Langsung elektronik dari Tv atau LCD menggunakan teknik yang sama. Langsung mengaplikasikan titik atau pixel merah, biru, dan hijau pada intensitas yang berbeda.

Tiap mata dan otak menafsirkan kumpulan spot titik ini sebagai gambar dengan titik warna. Gambar di Photoshop, koran dan majalah tiap titik beraneka ponitisme modern.

Cara Menggambar dengan Teknik Pointilis

Sesudah tadi kita membahas tentang pengertian apa itu teknik pointilis, kini saatnya kami akan membahas tentang bagaimana cara menggambar dengan menerapkan teknik pointilis ini. 

Berikut ini sistem metodenya dalam menggambar dengan menggunakan teknik pointilis dengan gampang dan benar sehingga akan dapat menghasilkan sebuah gambar dan lukisan yang baik.

Sebelum kalian akan menggambar dengan teknik pointilis, sebaiknya persiapkanlah peralatan untuk menggambar seperti buku gambar atau kertas kosong dan dapat juga mengaplikasikan kanvas jika kalian sudah merasa cukup terampil dalam menggambar. Lalu pensil atau pulpen , spidol, kuas, penghapus, rautan, cat dan penggaris.

Setelah segala perlengkapan kalian telah lengkap dan siap sekarang dikala nya kalian mulai untuk menggambar,

  • Pertama tentukan objek atau benda apa yang akan kalian gambar. Untuk kalian para pemula sebaiknya carilah objek yang mudah dan tak terlalu sulit untuk digambar. Modelnya seperti buah apel maupun buah jeruk.
  • Lalu buatlah gambar lingkaran dengan tipis saja, tak usah terlalu tebal dengan mengaplikasikan pensil kalian.
  • Sesudah itu, buatlah titik-titik yang mengelilingi bagian pinggir sebagai garis rujukan.
  • Buatlah spot ini secara terus menerus pun hingga jutaan spot.

Sebab, semakin ke dalam titik hal yang demikian, maka akan semakin berkurang juga dan akan kian terang gambar yang kalian buat. Sebaliknya kian keluar spot tersebut karenanya akan kian rapat dan semakin gelap gambar  kelian tersebut.

Menggambar dengan Pointilisme (cara lain)

Inilah metode yang dapat Anda pakai seandainya Anda berharap mencoba berkreasi menggunakan Teknik pointilis. Kian kerap Anda mempraktekkan Teknik ini, karenanya hasil karya Anda juga akan semakin cantik.

Pertama-tama, carilah gambar yang berharap Anda buat sebagai referensi. Setelah itu, cetaklah untuk dijiplak menggunakan Teknik pointilis, atau Anda juga bisa memakai sebuah potret kesukaan. Setelah gambar telah diatur, letakkan kertas di atas gambar hal yang demikian. Apabila berkeinginan, Anda dapat menerapkan klip kertas untuk menjepit gambar di dua sisi supaya tidak bergeser.

Sistem pertama yang bisa Anda gunakan yaitu sistem pensil. Pertama, pakai pensil untuk membuat beberapa spot pada kertas. Jika gambar teladan mempunyai beberapa area yang gelap dan berbayang, buatlah spot denga jarak benar-benar dekat. Kalau Anda sampai pada bagian yang berwarna jelas, buatlah spot dengan jarak lebih jauh. Pakai ini sebagai rujukan: kian gelap warna, semakin dekat titiknya.

Cara kedua yang bisa Anda pakai adalah dengan menerapkan cat. Jikalau menggunakan cat, Anda bisa langsung menjiplak warna yang tampak pada kertas Salinan. Sekiranya Anda tidak ingin merusak gambar yang sedang Anda gunakan sebagai teladan, letakkan selembar plastik jernih di antara gambar absah dan gambar jiplakan yang sedang anda buat. Plastik ini akan melindungi gambar autentik dari cat warna.

Pakai prinsip yang sama dengan pointilis menggunakan pensil, tapi menerapkan warna. Anda malah bisa merubah gambar dengan warna bila diharapkan. Sekiranya Anda menyalin sebuah gambar bernuansa musim panas dan mau mengubahnya menjadi “dingin”, anda cukup mengubah pilihan warna yang diaplikasikan.

Sesudah Anda selesai membuat gambar dengan Teknik pointilis, kertas yang diterapkan utnuk menyalin bisa dipisahkan dari gambar absah dan Anda akan segera menerima alhasil. Sekarang, Anda telah memiliki sebuah karya seni yang dapat dipajang dan dibanggakan, atau juga bisa diberikan ke orang tersayang sebagai hadiah.

Macam Contoh Gambar Teknik Pointilis

Banyak contoh yang dapat kalian cek di bawah ini. Dengan berbagai metode cara menggambar,hingga pewarnaan yang menjadi menarik perhatian mata kita. 

Berikut gambar teknik pointilis yang bagus dan mewah.

Gambar Pointilis Suasana

Gambar Pointilis Patung

Gambar Pointilis Buah

Gambar Pointilis Hewan

Gambar Pointilis Kartun

Gambar Lukisan Pointilis


Demikian pembahasan singkat mengenai teknik pointilis, jika dirasa manfaat dan ada masukan lain jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *