Sistem Operasi pada Komputer

Pengertian dan Jenis-jenis Sistem Operasi pada Komputer

Sistem Operasi merupakan perangkat lunak (software) komputer yang tugasnya adalah melakukan kontrol perangkat keras dan perangkat lunak. Hal ini termasuk juga untuk menjalankan program maupun aplikasi yang ada pada komputer.

Pada intinya sistem operasi ini fungsinya adalah mengatur semua sumber daya yang ada dari perangkat komputer.

Dimana tentunya OS (Operating System) punya tugas yang sangat penting dan harus terpasang pada perangkat komputer dengan baik.

Karena kalau tidak terpasang dengan baik, dengan begitu komputer tidak akan bisa bekerja secara maksimal, bahkan tidak dapat dipakai.

Jenis Jenis Sistem Operasi

Sekarang ada beberapa jenis sistem operasi yang tersebar luas di pasaran. Selengkapnya Anda boleh lihat ulasan berikut ini.

1. Sistem Operasi Unix

Operating System Unix menjadi salah satu sistem operasi pertama kali dibuat di dunia. Awalnya, Unix ini adalah sistem operasi berjenis Command Line Interface. Akan tetapi, karena menyulitkan para pengguna baru. Maka saat ini Unix menyediakan versi Graphical User Interface supaya lebih memudahkan para penggunanya.

Selain itu, Unix juga dikenal sebagai Operating system baku yang dapat berjalan untuk semua jenis komputer.

Adapun kelebihan lainnya dari Unix ini adalah dapat dipakai dengan baik menjadi jaringan, baik sebagai server atau client.

2. MS-DOS (Disk Operating System)

Dimana sistem operasi ini dikembangkan pada tahun 1981 oleh Bill Gates & Paul Allen. Sementara untuk menjalan MD-DOS ini sendiri cukup sulit, sebab Anda mesti dapat menguasai perintah Command Prompt supaya bisa menjalankannya.

Walaupun kurang begitu dikenal, Anda masih boleh kok merasakan system operasi ini pada Microsoft Windows. Ya, benar sekali, karena Windows adalah pengembangan dari MS-DOS.

3. Microsoft Windows

Kini Sistem Operasi Windows sudah berevolusi dari MD-DOS. Dimana sebuah sistem operasi berbasis Modus Teks dan Command Line, dan dikembangkan oleh Perusahaan Microsoft.

Saat pertama kali diperkenalkan di tahun 1983, Windows menjelma sebagai Operating System paling banyak dipakai di seluruh dunia, bahkan sampai detik ini.

Dimana hal ini tak lepas sebab berbagai kemudahan yang diberikan Windows untuk usernya. Selain itu, juga banyak digemari dan dipakai oleh para user komputer.

4. Mac OS (Macintosh Operating System)

Mac OS menjadi salah satu sistem operasi berbasis GUI dan dikembangkan oleh Perusahaan Apple. Bisa dibilang bahwa Operating System ini cukup eksklusif.

Hal itu karena cumin dapat digunakan untuk komputer Apple saja. Dimana Mac OS ini adalah pengembangan dari Operating System Unix. Oleh karena itulah kenapa Mac OS dikenal dengan kestabilan dan kehandalannya.

5. Linux

Linux yaitu pengembangan dari Operating System Unix yang sudah kita jelaskan sebelumnya.

Yang menarik dari Linux ini yaitu memiliki sifat yang Open Source. Artinya siapapun bisa memakai maupun mengembangkan Linux tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun (gratis).

Maka dari itu, Linux ini cukup populer untuk kalangan user komputer dari seluruh dunia.

Demikianlah sedikit informasi terkait pengertian dan jenis-jenis sistem operasi yang terdapat pada komputer. Sebetulnya masih ada banyak lagi Operating System yang ada di dunia. Akan tetapi, disini kita cuman memilih beberapa saja yang familiar di telinga para pembaca Nirvanaharapan.com. Oh ya, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat Anda semuanya dan terima kasih sudah menyempatkan waktunya.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *