pengertian skripsi

Pengertian Skripsi, Ciri-ciri dan Jenis-Jenisnya

Istilah skripsi tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sedang duduk di bangku universitas. Sebab skripsi menjadi tantangan yang cukup besar bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan gelar sarjana.

Secara singkatnya, pengertian skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa dan dibimbing oleh dosen pembimbing sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana.

Pembuatan skripsi pun tidak asal-asalan dan harus mematuhi kaidah-kaidah yang berlaku dalam penulisan skripsi. Sebenarnya karya ilmiah ini tidak jauh berbeda dengan makalah, tentunya kalian pernah membuatnya kan ketika di sekolah?

Kurang lebih seperti itulah kaidah-kaidah yang harus ada di dalam karya ilmiah skripsi sebagai syarat wajib untuk bisa mendapatkan gelar sarjana. Biar tidak semakin penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Apa Skripsi Itu?

Pengertian skripsi

Sebenarnya apa sih arti skripsi secara luasnya itu? Mengacu pada penjelasan dari situs riverspace, pengertian skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah dari mahasiswa strata 1 (S1) yang berkaitan dengan hasil penelitian sesuai kaidah penelitian dan aturan penulisan skripsi.

Skripsi bisa diartikan juga sebagai istilah yang sering digunakan di Indonesia yang ditujukan pada karya ilmiah wajib yang disusun oleh mahasiswa strata 1 untuk mendapatkan gelar sarjana.

Skripsi bukan hanya sekedar tulisan ilmiah belaka dan bukan hanya sekedar tugas akhir kuliah saja. Sebab tujuan dibalik adanya tugas skripsi adalah supaya mahasiswa dapat berpikir secara logis dalam menguraikan dan menyelesaikan suatu permasalahan.

Bahkan diharapkan juga bisa menuliskan hasil pikirannya ke dalam bentuk laporan yang ditulis dan disusun secara sistematis. Karena memahami suatu permasalah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, sebab harus melakukan penelitian, menganalisis, mendapatkan hasil dan menyusunnya ke dalam bentuk laporan.

Pengertian Skripsi Menurut Para Ahli

  • Drs. Djarwanto (1992)

Pengertian skripsi adalah sebagai sebuah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa strata 1 (S1) dari berbagai hasil penelitian yang sudah dilakukan serta atas dasar analisis data primer dan teknik analisis data sekunder.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Skripsi merupakan sebuah karya ilmiah yang wajib dikerjakan berupa tulisan oleh mahasiswa sebagai persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan akademiknya (mendapatkan gelar sarjana).

Ciri-Ciri Skripsi

Gambar ciri-ciri skripsi

Sebuah karya ilmiah berupa skripsi juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menjadi salah satu ciri karya ilmiah, maka di dalam penyusunannya diperlukan metode ilmiah.
  2. Hasil penelitian yang sudah dilakukan harus dikaji dan didasarkan pada suatu permasalahan atau fenomena yang sudah ada dan relevan dengan berbagai penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.
  3. Prose pemecahan masalah di dalam skripsi harus sesuai bidang keilmuan yang sedang dipelajari.
  4. Penulisan harus sesuai dengan kaidah atau aturan penulisan skripsi yang dibuat setiap perguruan tinggi.
  5. Penulisan harus menggunakan bahasa Indonesia baku, kecuali di bidang ilmu keahlian tertentu boleh ditulis dengan bahasa Inggris.
  6. Bahan yang ditulis pada skripsi harus berdasarkan observasi yang sudah dilakukan sebelumnya.
  7. Dalam proses penulisan dan pengerjaannya akan dibimbing oleh dosen pembimbin.
  8. Karya tulis yang dihasilkan harus asli tidak berisi plagiat, sehingga dalam hal ini perguruan tinggi akan menggunakan alat untuk mengecek plagiat.

Jenis-Jenis Skripsi

jenis jenis skripsi

Skripsi yang menjadi karya ilmiah tentunya akan ditinjau dari segi metode penelitian yang digunakan. Maka jenis-jenis skripsi bisa dibedakan sebagai berikut:

1. Kuantitatif

Pengertian jenis skripsi kuantitatif adalah penelitian yang berlandaskan filsafat positivisme yang dipakai untuk meneliti populasi atau sampel. Sedangkan teknik pengambilan tertentu pengumpulan data akan dilakukan dengan menggunakan instrumen penentuan dan analistiknya bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang sudah ditetapkan.

Sebab pengolahan data berupa angka-angka, maka alat pengolahan data yang digunakan biasanya berupa SPSS, Excel, minitab, dan lain-lain. Maka dari itu, tidak sedikit pula mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan sebuah judul skripsi.

Misalnya saja dalam menentukan judul skripsi akuntansi harus menarik dan sesuai hasil penelitian yang dilakukan. Tujuannya adalah supaya skripsi tersebut dapat diterima oleh dosen pembimbing dan lanjut untuk menyusun isinya.

2. Kualitatif

Pengertian skripsi kualitatif adalah skripsi yang metode penelitiannya berlandaskan pada filsafat post-positivisme. Biasanya digunakan untuk meneliti suatu objek alamiah, dimana penelitian menjadi instrumen kunci, pengambilan sampel dilakukan secara purposive dan snowball serta teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan).

3. PTK (Penelitian Tindak Kelas)

Penelitian tindak kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki pembelajaran di kelas maupun untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Maka dari itu, diperlukan kajian masalah pembelajaran di dalam kelas dengan merefleksikan diri sebagai upaya untuk memecahkan masalah. Menggunakan berbagai tindakan yang terencana dan nyata untuk menganalisis setiap pengaruh perlakuan tersebut.

4. Pengembangan (Research and Development / RnD)

Jenis penelitian metode ini sangat jarang sekali digunakan untuk setingkat sarjana, sebab biasanya dipakai untuk menyusun tesis maupun disertasi. Walaupun demikian, masih ada saja mahasiswa S1 yang menggunakan RnD.

Jika dilihat secara umum, RnD adalah penelitian yang digunakan dengan tujuan menghasilkan suatu produk dan menguji keefektifan dari produk tersebut.

Akhir Kata

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang bisa saya berikan tentang skripsi mulai dari pengertian, ciri-ciri dan jenisnya. Semoga dengan sedikit informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *