Jenis Latihan Fisik untuk Pemain Futsal, Ini Dia Daftarnya

Futsal tergolong jenis olahraga bola yang menuntut setiap pemainnya selalu bergerak agar permainan tim menjadi hidup. Oleh sebab itu dibutuhkan fisik dan stamina yang kuat, saat pertandingan futsal berlangsung. Apa aja sih jenis latihan fisik futsal? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Pentingnya Melakukan Latihan Fisik dalam Permainan Futsal

Sebelum membahas berbagai jenis latihan fisik untuk pemain futsal, ada baiknya Anda memahami pentingnya melakukan latihan fisik tersebut. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ketahanan fisik dan stamina merupakan faktor penunjang agar pemain bisa berdiri dengan baik di lapangan. 

Banyak pemain futsal yang beranggapan bahwa tetap bisa bermain secara efektif dan efisien di lapangan walaupun tanpa latihan fisik futsal yang membuang stamina. Padahal, anggapan tersebut kurang tepat. Karena sehebat apapun skill serta teknik yang dimiliki pemain akan hilang saat staminanya turun. 

Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena pemain yang kehabisan stamina akan menyebabkan suplai oksigen menuju otak akan menurun. Menurunnya kadar oksigen tersebut secara otomatis dapat membuat konsentrasi menjadi menurun. 

Berdasarkan pernyataan diatas, maka latihan futsal penting untuk dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan para pemain tetap stabil dan tidak mudah kram mengingat jumlah pemain futsal dalam pertandingan yang tidak terlalu banyak. 

Berikut ini beberapa bentuk latihan fisik saat bermain futsal yang bisa dilakukan:

Bentuk Latihan Fisik Futsal untuk Menjaga Stamina Tetap Stabil

Agar stamina tetap stabil, maka Anda perlu rutin berlatih. Anda bisa memilih satu atau beberapa bentuk latihan fisik di bawah ini:

1. Melakukan Latihan Daya Tahan Tubuh

Untuk melatih daya tahan kardiovaskuler, para pemain futsal bisa melakukan beberapa latihan kardio, seperti sprint, jogging, maraton atau olahraga lain yang memiliki nilai aerobic. Biasakan latihan tersebut selama 40-60 menit dengan berbagai variasi kecepatan. 

2. Latihan Kekuatan

Dalam melakukan latihan kekuatan, para pemain bisa menerapkan beberapa latihan beban yang dianggap efektif untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Pemain futsal bisa melakukan latihan pull up, back up, push up, squat jump dan squatrush

3. Latihan Kecepatan

Kecepatan merupakan faktor penting dalam dunia olahraga, terutama futsal. Seorang pemain futsal dituntut untuk bergerak cepat namun tetap mengedepankan keseimbangan. Untuk melatih kekuatan, Anda bisa banyak melakukan shuttle run atau dengan lari bolak-balik. 

4. Latihan Kelenturan

Sebagai seorang pemain futsal, pasti Anda dituntut untuk lebih fleksibel dan bergerak lincah saat bertanding. Latihan tersebut dapat membantu pemain tidak mudah mengalami cedera otot atau bagian lainnya. 

Latihan fisik futsal untuk menyempurnakan kelenturan bisa dilakukan dengan sikap lilin, mencium lutut, senam atau bentuk latihan yang sifatnya ringan dan diam ditempat. Dengan begitu akan membuat bagian tubuh tidak kaku saat digunakan banyak bergerak. 

5. Melakukan Latihan Interval

Latihan interval sangat berguna untuk dapat meningkatkan stamina, karena tubuh dilatih untuk menyesuaikan aktivitas fisik. Latihan ini mewajibkan Anda untuk olahraga dengan intensitas berat dalam beberapa menit. Kemudian latihan bisa dilakukan dengan melakukan olahraga ringan. 

Awali latihan dengan menggunakan pemanasan selama 15 menit. Lanjutkan latihan dengan naik sepeda atau lari dengan intensitas tinggi selama minimal 3 menit. Ulangi latihan tersebut sebanyak 3 kali kemudian terakhir lakukan pendinginan dalam waktu 10 menit. 

6. Melakukan Latihan Kardio

Latihan ini bertujuan agar jantung Anda bisa memompa jumlah darah yang dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik. Jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan, seperti berenang, lompat tali, bersepeda dan juga lari. 

Akhir Kata

Sesuai dengan penjelasan lengkap diatas, latihan fisik futsal penting untuk Anda kuasai dan rutin diterapkan di rumah. Melalui banyak latihan tersebut, kemampuan dalam mengolah bola serta skill teknik dasar futsal akan dikuasai secara optimal. 

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.