Jenis Ikan Hias

Jenis Ikan Hias

Kamu ingin membeli ikan hias yang cocok untuk dipelihara dirumah kamu? Tapi, kamu bingung dan belum tahu tentang jenis jenis dari ikan hias mana yang menarik dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tenang kamu sudah mengunjungi halaman yang tepat, berikut yang kami kutip dari faunanesia beberapa rekomendasi ikan hias yang tentunya sangat cocok untuk dijadikan peliharaan akuarium di rumahmu.

Yuk, simak beberapa rekomendasi ikan hias yang bagus dan pastinya cocok dengan selera kamu.

5 Jenis Ikan Hias cantik Yang Mudah Dipelihara

Ikan hias memang menjadi salah satu pilihan peliharaan yang paling banyak diminati (banyak) orang. Dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh ikan hias yang membuat orang tertarik untuk memilikinya.

Banyak sekali jenis ikan hias yang dapat dijadikan peliharaan di rumah, tetapi belum pasti semua itu cocok dengan selera kamu. Kamu juga masih mencari ikan yang cocok kan?, dengan bukti kamu sudah mau mengunjungi dan membaca tulisan ini hehe.

Berikut kami sajikan beberapa rekomendasi jenis ikan yang cocok dijadikan ikan hias yang akan menjadi penghias akuarium dirumahmu.

1. Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Terutama di Indonesia sendiri, ikan ini banyak sekali peminatnya. Dengan warna tubuh dan sirip nya yang beragam ikan ini bisa menarik perhatian banyak orang.

Ikan yang berasal dari genus Betta ini memiliki berbagai macam jenis dan nama. Ikan ini menyebar dari dari wilayah asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan masih banyak lainya.

Di Indonesia ada 3 jenis ikan cupang seperti ikan cupang hias, ikan cupang petarung, ikan cupang liar. iyaps tidak hanya sebagai ikan hias saja,tapi ikan cupang juga bisa dijadikan ikan petarung yang biasa diadu dengan ikan cupang lain.

Ada beberapa jenis ikan cupang hias yang bagus untuk dijadikan untuk dipelihara atau pun dibudidayakan. Berikut jenis ikan cupang hias yang cocok untuk kamu pelihara:

– Halfmoon (setengah bulan), sesuai namanya ikan cupang jenis ini memiliki bentuk sirip dan ekor yang menyerupai bulan setengah.

– Crowntail (ekor mahkota)

– Plakat Halfmoon

– Double Tail

– Koi Galaxy, ikan cupang jenis ini memiliki corak warna yang hampir mirip dengan ikan koi.

– Giant,ikan cupang ini merupakan ikan cupang yang berukuran lebih besar dari ikan cupang biasanya. Ikan jenis ini bisa tumbuh dengan ukuran tubuh mencapai 12 cm.

– Blue Rimm, memiliki ciri tubuh dengan dominan warna putih dan warna biru.

– Hellboy, ikan cupang jenis ini memiliki ciri khas yakni warna merah pada seluruh tubuhnya.

Sekarang, untuk mendapatkan ikan cupang kita kita akan mudah untuk untuk mencari ikan ini. karena sudah banyak sekali ikanĀ  cupang yang dijual diluar. Kita tidak perlu jauh mencarinya. kamu dapat mencarinya dimana-mana.

2. Ikan Platy

Ikan yang berbentuk mungil ini juga bagus untuk dijadikan ikan hias yang cocok ditempatkan di akuarium. Ikan ini juga sangat mudah untuk dipelihara, cukup kebal dengan serangan penyakit. dan tentu saja harganya cukup murah.

Ikan yang bernama latin Xiphophorus maculatus memiliki corak warna yang beragam dengan warna-warna yang memukau. ikan ini memiliki berbagai macam jenis, berikut beberapa diantaranya.

Ikan Platy pedang

Ikan platy ini mempunyai ciri khas yang terletak pada ekornya. Ekor ikan platy jenis ini berbentuk seperti pedang dengan bentuk lancip dan panjang.

Ikan Platy Kohaku

Ikan platy jenis ini termasuk salah satu ikan langka, dengan status langka dan corak khas yang dimiliki ikan menjadikan ikan ini berharga cukup mahal.

Mickey Mouse

Seperti namanya ikan Platy Mickey Mouse memiliki ciri seperti sebuah bulatan besar dan sepasang bulatan kecil di belakangnya. sehingga membentuk corak menyerupai tokoh mickey mouse.

Ikan Platy Cendrawasih

Ikan jenis ini memiliki sirip punggung unik yang bentuknya lebar dan memanjang seperti burung cendrawasih.

Ikan Platy Coral

Tidak jauh berbeda dengan ikan platy lainya yang membedakan hanya warna dari ikan platy coral yang berwarna merah pekat. Hal ini, menjadi perbedaan antara ikan platy coral dengan ikan platy lainya.

3. Ikan Koi

Ikan koi juga menjadi salah satu ikan hias yang populer di Indonesia karena keindahan corak nya yang beragam. Selain karena keindahan yang ada pada ikan ini, ikan koi juga memiliki makna simbolis.

Ikan dengan nama latin Cyprinus rubrofuscus berasal dari menyebar hampir seluruh kawasan asia. Di Jepang ikan ini dibudidaya karena dipercaya kalau ikan ini merupakan simbol pembawa keberuntungan.

Dengan keindahan yang dimilikinya serta kepercayaan bahwa ikan koi dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Ikan koi memiliki harga yang cukup mahal, meski seperti itu ikan ini tetap memiliki banyak penggemar.

Ikan koi dapar dikelompokan menjadi beberapa jenis, pengelompokannya dibagi atas warna dan corak yang menjadi ciri khas pada ikan koi tersebut. berikut beberapa diantaranya.

Kohaku

Merupakan jenis ikan koi tertua yang sudah dikenal. Ikan koi Kohaku biasanya memiliki 2 corak warna yaitu warna merah dan warna putih. Ikan koi jenis ini bisa disebut sebagai raja dari semua ikan koi.

hal ini disebabkan ikan koi jenis ini merupakan jenis koi pertama yang dikembangkan. Dan karena itu juga ikan dengan harga yang cukup mahal.

Taisho Sanshoku (sanke)

Ikan koi jenis ini juga merupakan salah jenis ikan koi tertua. Koi Taisho Sanshoku merupakan ikan koi hasil persilangan dari ikan koi corak kuning dengan ikan koi Kohaku.

Ikan koi jenis ini juga sering diburu oleh kolektor karena corak warnanya yang indah. Ikan ini bisa kamu bawa dengan harga mulai dari 300 ribu di pasaran.

Showa Sanshoku (showa)

Ikan koi jenis ini memiliki bentuk seperti ikan koi sanke, tapi showa ini memiliki ciri yang lebih spesifik seperti memiliki tanda merah dan putih pada bagian atas tubuhnya. Serta showa memiliki pola hitam pada kepalanya.

Dan masih banyak lagi jenis ikan koi yang ada, dengan berbagai ciri khas tersendiri menjadi nilai plus bagi ikan koi. Dengan kecantikan warna warna dan ciri fisik yang menambah keindahan ikan ini, maka tidak diragukan lagi kenapa harga ikan koi bisa mahal.

Ikan Lemon

Ikan lemon atau biasa dikenal juga dengan sebutan seperti Lemon cichlid, leleupi, leleupi cichlid, gold cichlid, dan semacamnya. Ikan ini memiliki nama latin neolamprologus leleupi, ikan ini merupakan ikan endemik asli dari danau Tanganyika di Congo.

Meskipun ikan ini merupakan ikan endemik tapi ikan ini masih bisa menyebar dan hidup di perairan air tawar layaknya ikan biasa bahkan bisa dijadikan sebagai ikan hias. Dengan warna kuning terang ini menarik untuk dilihat dan pastinya sangat cocok sekali untuk meramaikan akuarium di rumah anda.

5. Ikan Mas Koki

Ikan imut dengan perut buncit dan warna terang ini merupakan salah ikan hias favorit hampir semua kalangan pecinta ikan. Selain dengan bentuk imutnya, ikan ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

Ikan yang memiliki nama latin Carrasius auratus ini merupakan ikan yang hidup di air tawar. Ia memiliki ciri tubuh seperti memiliki bentuk yang gendut (imut), memiliki sirip panjang pada dada, perut, dan punggungnya. serta ekor yang lebar.

Akhir Kata

Beberapa jenis ikan hias diatas merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki ciri khas tersendiri. bisa dari bentuk, warna

Mungkin sampai disini pembahasan saya tentang 5 jenis ikan yang mungkin cocok untuk dijadikan ikan hias untuk mengisi aquarium kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Dan selamat membaca.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.