Cara Mudah Membuat Plastisin

Cara Mudah Membuat Plastisin (Playdough)

Di Indonesia ada sangat banyak pengrajin dan pembuat karya seni dengan tangan kreatif dan unik. Nah, salah satunya itu adalah kerajinan dari plastisin.

Buat Anda yang pengen tahu dimana sih cara membuat plastisin? Maka di artikel ini Genemil.com akan berbagi informasi mengenai cara membuat kerajinan plastisin, berikut diantaranya:

1. Sediakan Air Sebanyak Satu Gelas

Anda boleh tuangkan air sebanyak satu gelas ke mangkuk atau dalam baskom besar supaya bisa menampung dan mengaduk semua bagian bahan yang kemudian akan Anda campurkan nantinya.

2. Menambahkan Pewarna

Anda bisa berikan pewarna makanan sesuai warna yang Anda mau. Namun jangan terlalu banyak memberikan pewarna makanannya.

Sebab jika terlalu banyak Anda menuangkan pewarna, tentunya plastisin yang nantinya dihasilkan akan semakin pekat dan menjadi kurang baik.

3. Masukkan Bahan Kering

Sesudah Anda memberikan pewarna, kemudian Anda masukkan tepung sebanyak 5 gelas dan air sebanyak 1,5 gelas garam ke baskom yang telah Anda isi air pewarna.

4. Berikan Minyak Goreng

Silahkan Anda berikan tambahan minyak goreng. Fungsi dari pemberian minyak yakni supaya nantinya dalam pembuatan plastisin akan lebih mudah pada saat dibentuk.

Sehingga hal pertama Anda bisa memberikan minyak sebanyak 3 sendok makan.

Jika adonannya telah menggumpal atau mulai terlihat mengering, Anda boleh tambahkan lagi sekitar beberapa sendok supaya tidak mongering.

5. Remas-Remas Adonan Tersebut

Langkah berikutnya Anda bisa meremas-remas adonan pada plastisin tersebut menggunakan kedua tangan hingga terasa lembut. Sehingga tingkat pada kelembabannya sesuai dengan apa yang Anda mau.

Dalam langkah ini jika adonannya menggumpal dan kering. Maka Anda harus tambahkan minyak sebanyak 3 sendok makan.

6. Penyimpanan Plastisin

Kalau sudah hangat, Anda bisa membikinnya dengan menyerupai bentuk pola.

Nah, adonan ini sudah siap digunakan sebagai mainan anak-anak, terutama untuk dijadikan keterampilan dalam membentuk.

Jika sudah tak Anda pakai, bisa segera disimpan plastisinnya ke dalam wadah yang setidaknya kedap dengan suara yakni plastik misalnya.

Hal ini tujuannya supaya adonan plastisin tersebut bisa tetap dalam kondisi lembut dan bisa dengan mudah Anda bentuk nantinya.

Jenis Permainan dari Plastisin

1. Belajar Bangun Datar

  • Bisa mengajari anak-anak Anda bahwa mereka itu akan bermain dengan membuat berbagai macam wujud menggunakan lilin plastik untuk bahan utamanya. Nah, untuk di awal Diawali bisa membentuk dengan yang paling simpel aja dulu, contohnya membuat sebuah bulatan. Kemudian Anda bisa juga mengajak anak-anak untuk mengaitkan ke dunia nyata yang ada di sekitarnya.
  • Nggak hanya membuat sebuah lingkaran saja, pola yang umum digunakan adalah membikin wujud segi empat. Setelah itu, disambungkan dengan barang-barang yang ada di sekitar mereka di dunia nyata.
  • Terakhir yaitu dengan membuat bentuk segitiga.

2. Mengenal Angka dan Huruf

  • Anda bisa ajarkan atau kenalkan bahwa mereka itu akan bermain permainan angka maupun huruf.
  • Setelah itu, ambilah kertas dan gambar salah satu angka menjadi sebuah model untuk buah hati.
  • Selanjutnya Anda ajarkan anak supaya memipihkan lilin. Lalu susun sampai menyusun sebuah angka.
  • Lakukan hal itu hingga anak bisa dengan mandiri tanpa ada gambar. Hal tersebut sebaiknya dikerjakan pada saat kondisi anak sedang ceria. Sehingga jangan pernah Anda untuk memaksa mereka. Karena mereka akan mudah bosan dengan permainan yang diulang-ulang terus.

3. Mengenal Hewan

  • Minta sang anak untuk menceritakan terkait nama-nama binatang atau apa saja yang mereka kenal. Usahakan bahwa hewan tersebut mereka sukai dan yang mudah untuk disusun.
  • Selain itu, Anda ajarkan juga anak untuk bermain menyusun sebuah hewan yang dia mau dengan menerapkan lilin plastik.
  • Selanjutnya Anda bisa biarkan si anak tersebut untuk berfantasi dengan menyusun hewan yang lebih disukainya.

4. Mengenal Buah dan Tumbuhan

  • Berikan sebuah penjelasan kepada si anak, mengenai berbagai macam tumbuhan yang ditemuinya di sekitar.
  • Setelah itu, ajak juga anak Anda untuk mengumpulkan mengenai ragam bunga maupun tumbuhan
  • Nah, jika daun sudah dikumpulkan, selanjutnya ajari mereka untuk membuat cap pada lilin plastisin dengan berbagai bentuk daun.
  • Jika berharap menyusun buah, maka ajak anak Anda supaya berkreasi dengan membuat bentuk buah 3 dimensi cocok dengan apa yang sang anak kenal terkait buah. Dengan begitu apa saja formatnya harus diberi apresiasi kepada anak.
Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *